KONTAKTOR MAGNET

KONTAKTOR MAGNET DAN PRINSIP KERJANYA 

,,Kebanyakan orang awam yang bingung tentang kontaktor pasti bertanya-tanya tentang cara kerja kontaktor magnet, apa salahnya jika teman-teman membaca artikel ini bisa membantu agar lebih paham.. 

langsung saja kita mulai dari pengertiannya terlebih dahulu..jadi,
Kontaktor magnet adalah salah satu peralatan listrik yang berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan arus listrik 3 fase secara otomatis. 
  
magnetic contactor

Kontaktor sebenarnya memiliki prinsip kerja yang sama dengan sakelar yang digunakan sebagai alat penghubung dan pemutus dari suatu rangkaian, bedanya dengan kontaktor adalah kontaktor memiliki kumparan/lilitan koil didalamnya dan ada banyak kontakan yang memiliki fungsi masing-masing, sebuah terminal input dan output (13 & 14) kontak bantu NO (normally open) yang dapat digunakan sebagai pengunci tombol tekan ( push button ) pada saat membuat rangkaian control pada motor listrk.

bisa kita lihat jeroan dari kontaktor magnet seperti ini:


Selain itu, perbedaan mendasar antara kontaktor dengan sakelar adalah kalau pada sakelar , untuk menghubungkan kontaknya adalah secara manual dengan cara menekan tuas sakelar ke atas dan ke bawah, sedangkan pada kontaktor peroses on off nya dilakukan secara otomatis oleh medan magnet dari lilitan koil kontaktor yang apabila dialiri arus pada terminal A1 dan A2, yang mana A1 dihubungkan dengan fase (+) sedangkan A2 nya dihubungkan ke netral (0) atau sebaliknya, maka lilitan tersebut akan menghasilkan medan magnet yang secara otomatis menarik tuas kontakan pada kontaktor.


magnetic kontaktor


kontaktor magnet biasanya digunakan pada rangkaian pengendali listrik 3 fase atau bisa juga yang lain.  

gambar di atas, adalah sebuah kontaktor  yang terdiri dari beberapa buah terminal. seperti  6  buah terminal utama (3 input dan 3 output ), 2 buah terminal input dan output NO dan NC, 2 buah terminal koil (lilitan) A1 dan A2 yang biasanya disimbolkan sebagai berikut:




Terminal koil : A1 dan A2
kontak utama : input : L1 (1), L2 (3), dan L3 (5)
                         output : T1 (2), T2 (4), dan T3 (6)
kontak bantu (NO) : 13 (in) dan 14 (out)






Jika kita hendak membuat kontaktor ini sebagai alat untuk menghidupkan dan mematikan motor listrik 3 fase, kita hanya perlu menghubungkan power dari sumber listrik 3 fase (R,S,T) pada 3 buah terminal input (L1, L2, dan L3) dan menghubungkan power menuju ke motor listrik pada terminal output (T1, T2, dan T3).


rangkaian dasar pengendali motor



Lalu menghidupkannya bagaimana? simpel saja kita hanya butuh 2 buah push button(PB) on dan off sebagai penghubung sumber tegangan ke koil kontaktor. Pada gambar diatas biasa dinamakan rangkaian pengendali motor direct online atau rangkaian dasar pengendali motor. kemudian lihat gambar dibawah ini:

rangkaian dasar pengendali motor

kita lihat pada saat PB ON ditekan maka yang terjadi koil pada kontaktor akan diberi tegangan sehingga mengakibatkan medan magnet yang akan menarik tuas kontakan yang semula NO(Normally open) menjadi NC(Normally close) dan sebaliknya. kemudian  pada kontak bantu 13,14 akan mengunci PB ON sehingga koil akan tetap diberi tegangan meskipun PB ON tidak ditekan dan motor akan tetap bekerja.
Bagaimana cara mematikannya? untuk mematikannya kita tinggal menekan PB OFF yang sudah disambung pada rangkaian maka koil akan berhenti bekerja sehingga motor juga berhenti bekerja dan semua kontakan kembali seperti semula karena didalam kontaktor terdapat pegas sebagai pelontar kembali kontakan jika medan magnet sudah tidak ada.

1 komentar so far

Sebelumnya terima kasih banyak sudah mau berbagi pengetahuan yang bermanfaat, dengan penyampaian kata-kata yang mudah difahami. untuk ilmu kelistrikan lainnya silahkan kunjungi blog Voltechno.net
Thanks


EmoticonEmoticon